Friday, 10 August 2018

3 Masker Alami Untuk Mengatasi Jerawat

Halo Annyeong

Punya jenis kulit yang rentan banget menimbulkan jerawat bikin putar otak mikir mikir Skincare yang tepat. Mulai dari produknya apa, kandungannya apa saja hingga treatmentnya seperti apa. Untuk mengatasinya kebanyakan dari kita mencoba berbagai macam cara salah satunya dengan maskeran. Iya kan? Bahkan wanita korea menggunakan masker setiap hari untuk perawatan wajah. Kita juga bisa kok melakukannya (maskeran) setiap hari dengan biaya yang murah, praktis dan tentunya aman. Nah aku akan share 3 rekomendasi masker berbahan alami untuk kamu yang memiliki masalah dengan jerawat.

Seperti yang kita ketahui bahwa di negara kita, Indonesia ini masyarakat sudah banyak sekali menggunakan bahan alami untuk perawatan tubuh khususnya wajah karena khasiatnya sangat baik. Yang paling banyak dibuat dari bahan alami adalah jamu dan masker. Berikut ada 3 masker berbahan alami yang sangat baik untuk mengatasi jerawat. Apa saja bahannya? Yuk scroll down!

1. Masker Kopi

Jaman sekarang siapa sih yang gak tau manfaat kopi? Mulai dari dibuat minuman, menghilangkan bau hingga sebagai bahan untuk treatment. Kandungan caffeine nya selain dapat mengusir kantuk dapat pula mengecilkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Selain itu kopi juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Untuk penggunaannya sebagai masker bisa dilakukan dengan banyak cara.
Masker Kopi Untuk Mengatasi Jerawatpic source: hellosehat.com


  • Masker kopi sekaligus scrub

Campurkan 1-2 sendok teh bubuk kopi (takarannya sekira ukuran wajah) dengan 1-2 air es atau bisa juga menggunakan air biasa. Aduk hingga menjadi pasta yang agak kental kemudian aplikasikan ke wajah. Tunggu 5-7 menit atau hingga masker setengah kering. Kemudian gosok perlahan dengan gerakan memutar. Lakukan scrubing ke semua area wajah setelah itu bilas dengan air bersih.

Masker Kopi Untuk Mengatasi JerawatMasker Kopi Untuk Mengatasi Jerawat

Oh ya bubuk kopi yang biasa aku gunakan adalah bubuk kopi tradisional yang bijinya disangrai dan ditumbuk. teksturnya lebih halus dari kopi kemasan. Tapi kalau gak ada gunakan kopi kemasan juga bisa.

  • Masker kopi + lemon

Untuk kamu yang ingin menghilangkan noda bekas jerawat bisa melakukannya dengan masker kopi dan lemon. Caranya campurkan 1-2 sendok teh kopi dengan 1 sendok teh perasan lemon. Kemudian tambahkan 1 sendok teh air es/biasa. Campur hingga menjadi kental lalu aplikasikan ke wajah. Tunggu 10-15 menit atau hingga maskernya kering. Kemudian cuci wajah dengan air bersih.

Masker Kopi Untuk Mengatasi Jerawat

Untuk kamu yang berkulit sensitif campurkan masker kopi + lemon ini dengan sedikit parutan mentimun. Mentimun dapat menetralisir kandungan asam dari lemon yang dapat membuat kulit iritasi.

Setelah pemakaian masker kopi ini rasanya benar benar menyegarkan, wajah terasa kencang, kesat dan pori pori mengecil. Selain itu jerawat, utamanya yang lagi meradang biasanya langsung mereda saat dilakukan pemakaian rutin.

2. Masker Madu

Madu bukan hanya dipakai untuk bahan makanan karena rasanya yang enak, tetapi juga banyak dimanfaatkan dibidang kesehatan dan kecantikan. Madu dikenal sangat baik untuk penyembuhan luka karena kandungan hidrogen periksida di dalamnya yang bersifat antibakteri dan antiseptik. Selain itu madu juga memiliki efek antiradang yang bagus banget untuk mengobati jerawat kemerahan dan meradang serta menyembuhkan luka dan memudarkan noda bekas jerawat. Sama seperti masker kopi, madu pun dapat digunakan sebagai masker dengan berbagai cara
Masker Madu Untuk Mengatasi Jerawatpic source: hellosehat.com


  • Masker Madu Murni

Setelah membersihkan wajah ambil 1-2 sendok makan madu (gunakan madu murni tanpa campuran) kemudian oleskan ke wajah menggunakan jari. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk jerawat yang meradang totolkan pada jerawat yang meradang seperti penggunaan acne spot treatment kemudian bilas dengan air.

  • Masker Madu Sekaligus Scrub

Campurkan 1-2 sendok makan madu (sekira-kiranya besar wajah) dengan 1 sendok makan gula aduk rata lalu aplikasikan ke wajah menggunakan jari atau spatula. Setelah rata gosok perlahan dengan gerakan memutar selama kurang lebih 5 menit kemudian diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Penggunaan madu dan gula sebagai scrub ini untuk mengangkat sel kulit mati, debu dan kotoran penyebab jerawat.

  • Masker Madu + Kopi

Campurkan 1-2 sendok teh bubuk kopi dengan 1 sendok teh madu dan air secukupnya sampai tercampur rata dan teksturnya mengental. Kemudian oleskan merata pada wajah dan biarkan selama beberapa menit atau hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air bersih. Masker madu + kopi ini bagus untuk menyamarkan noda bekas jerawat dan mengencangkan wajah.

3. Masker Tomat

Selain dua bahan alami di atas, tomat juga merupakan bahan alami yang cocok dijadikan masker untuk mengatasi jerawat. Kandungan zat zat yang baik untuk kulit pun banyak terdapat pada buah tomat seperti zat antioksidan, likopen, vitamin A dan vitamin C.
Masker Tomat Untuk Mengatasi Jerawatpic source: hellosehat.com


Cara membuatnya cukup mudah. Ambil 1 buah tomat kemudian haluskan menggunakan blender. Kemudian diamkan hingga 15 menit hingga masker mengering lalu bilas dengan air bersih. Cara kedua kalau gak mau repot cukup iris iris tomat (irisannya bulat) lalu gosok perlahan dan tempelkan irisan tomat ke wajah. Biarkan beberapa menit kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Meski sudah banyak banget artikel yang menuliskan tomat dicampur bahan lain untuk dijadikan masker aku pribadi hanya menggunakan buah tomat saja tanpa mencampur dengan bahan lain sebagai masker.

Nah itu dia 3 rekomendasi masker berbahan alami yang dapat mengatasi jerawat. Selain murah bahannya pun mudah diperoleh. Aku sendiri sering pakai dan sudah membuktikan khasiatnya. Oh ya walaupun khasiatnya mampu mengatasi jerawat tapi tidak serta merta masker di atas diklaim hasilnya terlihat dalam waktu yang instan yah. Karena bahannya alami sehingga prosesnya pun perlahan-lahan. Asalkan rutin dipakai hasilnya akan terlihat.

Kamu punya rekomendasi masker berbahan alami juga gak? Share di kolom komentar yuk.

See you in next post! Annyeong

18 comments:

  1. Ketiganya sudah sering aku coba dan memang benerrr" work di kulit aku, terutama madu buat adem dan ngempesin jerawat aku❤❤

    ReplyDelete
  2. Belum Cobain yg kopi nih, yg Madu sama tomat udah soalnya, kayaknya boleh nih

    ReplyDelete
  3. Dulu aku sering nih bikin masker tomat😍

    ReplyDelete
  4. Wah, masker kopi. Di km bagus yaa, aku pakai kopi jd masker panas gt mukaku hiks wkwk

    ReplyDelete
  5. Hmm, aku dari dulu penasaran masker kopi + lemon, tp wajah aku sensitif, jadi takut sama lemonnya.

    ReplyDelete
  6. aku suka pake masker tomaaaat, agak perih sebenernya kalo kena jerawat ya beb, hihihi tapi bagus, jerawat cepet kering nih

    ReplyDelete
  7. Aku pernah coba DIY masker tomat, udahannya gatel" + jadi jerawat. Dari situlah kulitku entah kenapa jadi gampang jerawatan huhu .. sedih. Cocok"an sih ya

    ReplyDelete
  8. Wah gak cocok yah, padahal di aku bagus banget

    ReplyDelete
  9. Iya beb..muka jg berasa segar habis pake itu

    ReplyDelete
  10. Muka aku juga sensitif tp gak tau kenapa sama lemon enggak. Trus biasanya aku campur sedikit parutan timun biar gak iritasi

    ReplyDelete
  11. Wah cocok2an yah. Aku kalo rutin pakenya bisa bagus banget, pori2 mengecil 😊

    ReplyDelete
  12. Toss dulu👋🏻 Sekarang mah pake sheet mask lebih praktis

    ReplyDelete
  13. Nah kan. Pokoknya pake madu cepet banget kempesnya 😊

    ReplyDelete
  14. Dua diantaranya udah pernah coba. Tinggal kopi yg belum pernah. Cusss pengen cobain selanjutnya..

    ReplyDelete
  15. ku pernah coba masker kopi, kebetulan suka bgt sama aroma kopi yg bikin relax.. 💕

    ReplyDelete
  16. Wah...keq nya bagus pakai bahan alami

    ReplyDelete
  17. Aku dari jaman sekolah dulu udda suka pake masker madu

    ReplyDelete