Saturday, 30 March 2019

Pengetahuan Dasar Blog Bagi Pemula [HBBV Sharing Session]



Halo Annyeong
Berbicara mengenai pengetahuan blog memang gak ada habisnya. Menurut aku hal ini perlu terus menerus dipelajari karena sistem digital semakin berkembang setiap tahunnya. Jadi kita perlu terus meng-upgrade pengetahuan kita tentang blog khususnya bagi kamu yang ingin serius dengan dunia blog. Beberapa waktu yang lalu aku sudah sharing bagaimana membuat blog (link bisa kamu klik di bawah) nah sekarang aku mau sharing tentang teknis atau pengaturan blog. Pengetahuan ini aku dapat dari sharing session bareng HBBV (Hijabers Beauty Blogger Vlogger) dengan Icha Amalia sebagai pemateri.

Baca juga : Bagaimana Membuat Blog

Oh ya, tulisan ini akan sedikit panjang jadi aku sarankan kamu untuk ambil posisi nyaman dan cemilan buat baca postingan ini. Dalam sharing session ini mengapa lebih ditekankan untuk membahas tampilan karena tampilan sebuah blog itu merupakan ciri dari pemiliknya dan merupakan hal yang paling dasar dan penting karena gak sedikit blogger pemula yang masih bingung mengatur tampilan blognya.

Sebelum masuk ke bahasan pengaturan tampilan, berikut info mengenai bagian-bagian blog dan elemennya
Bagian-bagian blog yang utama adalah Header, Body, Side Bar dan Footer. Sedangkan elemen blog yang sebaiknya harus ada di dalam blog adalah About Page, Contact Page, Menu/Navigasi dan Search Box.

  • About Page : merupakan halaman tentang penulis agar pembaca tahu orang di balik konten yang mereka baca.
  • Contact Page : berisi informasi mengenai kontak penulis. Menurut aku contact ini sangat penting saat kamu mendaftarkan blog kamu untuk google adsense.
  • Menu/Navigasi : Kategori dan sub kategori post yang dibuat untuk memudahkan pembaca menjelajahi post kamu.
  • Search Box : Kolom pencarian tulisan untuk memudahkan pembaca mencari tulisan kamu dengan kata kunci khusus.
Bagian utama blog
Elemen blog

Tampilan blog yang harus diperhatikan :
1. Tema/Template
2. Kombinasi Warna
3. Pilihan Background
4. Font
5. Header

    1.  Tema/Template

Template merupakan desain desain halaman blog atau website beserta seluruh komponen di dalamnya. Pilihlah template yang tidak terlalu ramai, ringan, responsive dan compatible dengan banyak browser. Template yang ringan akan cepat loading-nya sedangkan template yang berat tentunya akan memperlambat loading-nya blog. Sebaiknya juga jangan terlalu banyak memasang widget yang tidak perlu karena akan membuat halaman blog semakin berat.
Selain itu  sebuah template harus responsive dan compatible agar dapat otomatis menyesuaikan perangkat pembaca sehingga saat dibuka di perangkat yang berbeda (pc, laptop, tablet dan hp) tampilannya tetap sama dan rapi.

Cara download template :
  • Pilih template yang kamu inginkan pada website penyedia template gratis (aku akan tuliskan beberapa websitenya di bawah nanti)
  • Setelah template selesai di-download biasanya file masih berupa RAR, unzip template tersebut menjadi file XML. Ekstrak file menggunakan program winRAR hingga file berupa XML dan siap untuk dipasang.
Setelah file template sudah siap tinggal kamu upload ke blog. Cara upload :
  • Pada dashboard, pilih tema
  • Klik backup/pulihkan yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Klik download tema. Untuk menyimpan copy/backup dari tema kita yang sebelumnya.
  • Klik pilih file. Pilih file template yang template tadi. Kemudian pilih upload.
  • Sesuaikan tampilan template di tata letak karena setelah template terganti, biasaya tampilan blog akan berantakan.
  • Setelah kamu selesai mengatur tampilannya klik simpan setelan.
.
Cara upload tema

     2.   Kombinasi Warna
Untuk pemilihan warna, gunakan warna  putih dan hindari warna warna neon atau warna terlalu gelap/terang yang mencolok. Warna terlalu gelap/terang dan mencolok akan membuat pembaca kurang nyaman membaca tulisanmu.

     3.   Pilihan Background
Pilih background yang tidak terlalu ramai, dan jangan menggunakan background berupa gambar atau foto agar blog kamu tidak berat dan loading-nya lebih cepat.

     4.   Font
Rekomendasi font yang digunakan ada 2 jenis untuk Judul dan body yaitu font Serif dan Sans Serif.
Font serif yaitu font yang bentuknya punya ekor atau garis kecil di ujungnya. Contohnya Times New Roman, Georgia dan Bell MT. Sedangkan font Sans Serif adalah kebalikan dari font Serif, tidak mempunyai ekor atau garis kecil di ujungnya contohnya Calibri, Verdana dan Arial. Biasanya untuk media cetak menggunakan font Serif sedangkan untuk media online menggunakan font Sans Serif.

Ada pun jenis font yang harus dihindari untuk blog adalah font Script dan Cursive. Font ini merupakan jenis font yang mirip tulisan tangan. Contohnya seperti Curlz MT, Freestyle Script dan Gigi. Selain jenis font, ukuran dan warna font juga penting. Untuk ukuran font, buat ukuran yang berbeda antara judul dan isi. Ukuran font untuk judul harus lebih besar dari isi konten. Misalnya 12-14 px untuk konten dan 20 px untuk judul atau bisa juga disesuaikan dengan template yang kamu pilih.

Nah untuk warna font, kamu bisa menyesuaikannya font gelap dengan background terang. Misalkan background putih maka sebaiknya gunakan warna font gelap seperti hitam, abu-abu tua atau biru tua. Warna font ini bisa kamu atur di desainer tema blogger. Selain font, kamu juga bisa mengatur ukuran side bar, memilih warna background tanpa harus mengutak-atik html. Aku sendiri suka pusing kalau masalah html ini.

Desainer Tema

      5.    Header
Gunakan header berupa gambar atau tulisan. Jika menggunakan gambar, sebaiknya usahakan tinggi maksimalnya 200 px dan ukurannya kecil. Gambar header bisa menggunakan desain sendiri. Kamu tinggal desain header yang kamu mau di canva. Kemudian untuk setting caranya seperti berikut :
  • Dari dashboard blog, pilih tata letak
  • Klik gadget header halaman
  • Muncul pop out window mengonfigurasi header, pilih gambar header yang ingin dipakai.
  • Pilih opsi "selain judul & keterangan"
  • Klik simpan. Kemudian setelah pop out window tertutup klik simpan setelan.
Cara setting header

Setting di atas merupakan setting bila kamu ingin menggunakan header berupa gambar. Kalau kamu hanya ingin menggunakan header berupa tulisan, pengaturannya dari setelah muncul window mengonfigurasi header kamu hanya tinggal mengisi kolom judul dan deskripsi saja. Aku pribadi saat ini hanya menggunakan tulisan. 

Nah itu tadi penjelasan mengenai pengaturan tampilan blog. Sebenarnya masih banyak hal hal yang berkaitan dengan tampilan blog yang belum aku paparkan di atas. Mungkin akan aku bahas di postingan mendatang (jika memang diperlukan).

Sekian tulisan aku ini tentang pengetahuan dasar memulai blog bagi pemula, hasil sharing session bersama HBBV. Semoga bermanfaat, see you on my next post. Annyeong💋

Note
Rekomendasi template gratis
https://gooyaabitemplates.com
https://btemplates.com/blogger-templates/responsive
http://www.beautytemplates.com/blogger-templates
www.themexpose.com
www.soratemplates.com
Mengukur kecepatan blog
https://developers.google.com/speed/pagespeed/insight/
Mobile friendly test pada blog
https://search.google.com/test/mobile-friendly


6 comments:

  1. Sangat membantu blognya, ditunggu sharing selanjutnya ya ... ❤

    ReplyDelete
  2. Aku cari template di gooyabii dan pilihannya cukup banyak sih disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beb kalo di gooyabi banyak banget pilihannya

      Delete
  3. Bagus banget artikel ini. Berguna buat blogger pemula. Aku juga belajar blog dr nol. Dulu sukanya template alay warna warni. Sampe terakhirnya ketemu gooyabi. Ngedesain blog jd sedap dipandang mata itu ada kepuasan tersendiri ya kan kak.. Thanks infony..

    ReplyDelete
  4. Punyaku juga masih agak alay😅Mau nyari yg simple lg biar nyaman dibaca

    ReplyDelete